Google Translate

Motivasi

Duri, Riau, Indonesia
Pemarah dan Bersabar : Hanya seorang yang pemarah yang bisa betul-betul bersabar. Seseorang yang tidak bisa merasa marah tidak bisa disebut penyabar, karena dia hanya tidak bisa marah. Sedangkan seorang lagi yang sebetulnya merasa marah, tetapi mengelola kemarahannya untuk berlaku baik dan adil adalah seorang yang berhasil menjadikan dirinya bersabar. Dan bila Anda mengatakan bahwa untuk bersabar itu sulit, Anda sangat tepat, karena kesabaran kita diukur dari kekuatan kita untuk tetap mendahulukan yang benar dalam perasaan yang membuat kita seolah-olah berhak untuk berlaku melampaui batas. ( Mario Teguh )

Kamis, 23 Desember 2010

Game "Dante's Inferno" Dilarang Beredar di Timur Tengah, Dianggap Melecehkan Agama


Perusahaan penyedia game terkenal "Electronic Arts" yang biasa membuat game-game untuk konsol Playstation, Xbox maupun PC, lewat cabang mereka yang berbasis di Uni Emirat Arab - memutuskan untuk menghentikan distribusi salah satu game terbaru buatan mereka yang berjudul "Dante's Inferno" di Timur Tengah, sebuah game yang diambil dari epik komedi terkenal yang ditulis oleh penyair Italia bernama Dante, atas alasan bertentangan dengan budaya serta agama.


Menurut pernyataan dari perusahaan "Electronic Arts", mereka melihat dalam cerita yang ada di game "Dante's Inferno, ide-ide yang tampil dalam game tersebut sangat tidak sejalan dengan nilai-nilai budaya dan komunitas-komunitas keagamaan yang ada di Timur Tengah, yang sebagian besar adalah negara-negara muslim Arab - jadi "EA" memutuskan untuk tidak mendistribusikan game itu, seperti dilaporkan oleh kantor berita UEA mengutip berita dari surat kabar ekonomi "Arab Bisnis".

Game kontroversial yang mulai memasuki pasar Amerika dan Eropa minggu lalu, terpusat pada cerita berupa permainan dimana user akan memainkan sebuah permainan perang dengan sembilan level, yang mencerminkan konfigurasi pertempuran melawan setan-setan, sedangkan sembilan level pada game ini melambangkan sembilan lingkaran neraka, sebagimana tercantum dalam kisah epik karya Dante (1265-1321) yang sangat terkenal.

Kisah komedi yang luar biasa puistis yang di tulis oleh penyair Italia Dante ini sebenarnya menceritakan perjalanan seseorang ke sebuah tempat yang pada kisah itu disebut sebagai Neraka, dan oleh para ulama Islam kisah seperti itu dianggap pelanggaran terhadap ajaran Islam, dimana Dante dengan seenaknya menuliskan tentang neraka dan surga versi dirinya yang bertentangan dengan ayat-ayat Al-Quran, di samping adanya pandangan negatif Dante terhadap Nabi Muhammad SAW.

Untuk alasan yang sama, perusahaan game "Electronic Arts", juga memutuskan untuk menarik peredaran beberapa game-game buatan mereka dari Timur Tengah, termasuk versi kedua dari game "The Godfather" dan game "Grand Theft Auot dan "Warlord" serta "Dark Side".
Keputusan perusahaan game EA untuk menarik dan tidak mendistribusikan game-game buatan mereka yang dianggap "sensitif" telah menimbulkan kekhawatiran dari perusahaan game lainnya yang takut game buatan mereka juga akan mengalami embargo, serta menimbulkan keprihatinan dari perusahaan-perusahaan lokal dari hilangnya pendapatan mereka, terutama diperkirakan pendapatan dari penjualan game di Timur Tengah lebih dari 1 miliar dolar AS.

Walaupun perusahaan EA memutuskan untuk tidak menjual game buatan mereka di Timur Tengah, namun tidak menutup kemungkinan game-game terlarang tersebut bisa masuk ke pasaran Timur Tengah secara ilegal, seperti pembajakan game atau lewat penyelundupan yang dengan mudah dapat masuk ke Timur Tengah serta dapat dijalankan dengan mudah lewat konsol game yang banyak beredar di negara-negara Arab, termasuk Playstation, Playstation Portable dan Xbox 360.

Masalah seperti ini selalu timbul dari waktu ke waktu di dunia Arab maupun barat, baik perdebatan tentang aspek keagamaan yang ada di game tersebut maupun perdebatan terkait sadisnya isi game itu.
Pada bulan mei 2007, di AS sempat terjadi perdebatan ketika perusahaan game AS membuat sebuah game untuk anak-anak yang berjudul "Soldiers of God" merujuk kepada umat kristen bersenjata, dan oleh para kritikus game tersebut dianggap membingungkan karena mencampurkan aspek hiburan dan agama.

Saya Kutip dari : http://www.eramuslim.com

Tidak ada komentar: